Alibaba catat transaksi Rp 342,8 triliun selama Global Shopping Festival

Seputar Berita Terlengkap - Alibaba Group mengumumkan total transaksi Gross Merchandise Volume (GMV) yang terjadi selama 11.11 Global Shopping Festival mencapai USD25,3 miliar (Rp342,8 triliun).
Semua transaksi ini dilakukan melalui Alipay pada tanggal 11 November 2017 dan mengalami peningkatan sebesar 39 persen jika dibandingkan dengan tahun 2016. Selain itu, sebanyak 90 persen transaksi Alipay tersebut dilakukan melalui gawai.
“Nilai USD25,3 miliar dalam satu hari transaksi bukan hanya menggambarkan hasil penjualan,” kata Daniel Zhang, CEO Alibaba Group dalam keterangan resminya, Senin (13/11).
“Ini menggambarkan aspirasi untuk mendapatkan produk yang baik dari masyarakat Tiongkok, terlebih lagi ini juga menggambarkan bagaimana pelanggan dan mitra kami telah menerima dengan baik integrasi antara ritel online dan offline,” tambahnya.
Sekadar informasi, 11.11 Global Shopping Festival dimulai pada tahun 2009 dengan jumlah peserta hanya 27 pelaku usaha.
Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran pelaku usaha dan konsumen terhadap nilai dari belanja online. Dalam waktu tujuh tahun, hampir 100.000 pedagang berpartisipasi pada festival belanja internasional ini.
Di sisi lain, merujuk dari pernyataan riset eMarketer, event ini dimanfaatkan oleh perusahaan besutan Jack Ma ini untuk memancing brand internasional bergabung ke platformnya. Terbukti, 40 persen atau 140.000 brand yang ikut meramaikan single day di tahun ini berasal dari luar Tiongkok.
Menariknya, berdasarkan catatan mereka, pola belanja kini sudah berangsur berubah. Terutama penggunaan smartphone.
Total transaksi GMV yang menggunakan gawai atau smartphone mencapai 90 persen dari total transaksi. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencapai 82 persen. [idc]